Tips Merawat Rambut Rontok

January 01, 2016 Unknown 0 Comments

    




   Berikut adalah cara merawat rambut rontok yang dapat anda lakukan sehari-hari. Tips merawat rambut rontok ini tentunya tidak memakan biaya yang mahal, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :


1. Dengan Asupan Nutrisi dan Mineral

Agar tumbuh sehat, rambut memerlukan nutrisi seperti protein, vitamin B, mineral seng (Zinc). Rambut terdiri dari kolagen dan elastin yang diproduksi oleh protein. Oleh karena itu, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang kaya protein serta buah dan sayuran yang mengandung vitamin B. Pastikan anda juga mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral seperti zat besi dan zinc akan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Besi merupakan unsur penting untuk membantu rambut tumbuh kuat dan tebal. Makanan seperti cokelat dan hati kaya akan zat besi. Zinc juga berguna untuk kesehatan rambut dan dapat ditemukan dalam makanan, seperti telur kuning, biji gandum, biji labu dan kerang.


2. Dengan Shampo Penebal Rambut

Gunakan shampo penebal rambut untuk meningkatkan volume rambut. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan shampo yang tidak mengandung sulfat dan alkohol.

3. Dengan Santan Kelapa
Santan tidak hanya digunakan untuk memasak, namun juga digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. cara merawat rambut rontok secara alami dengan santan cukup mudah yaitu :

    Siapkan 300 – 500 ml santan
    Bilas rambut anda menggunakan santan sampai mengenai kulit kepala.
    Tutup rambut dengan handuk hangat
    Diamkan selama 15 hingga 20 menit
    Bilas dengan air dingin.

Dengan melakukan perawatan ini, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan mengkilap. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

4. Dengan Telur

Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol, anda pastinya sangat menghindari kuning telur. Tapi taukah anda bahwa kuning telur dapat digunakan untuk merawat rambut rontok?? Cara merawat rambut rontok secara alami dengan telur sangat mudah, yaitu :
Siapkan kuning telur secukupnya, pisahkan dengan putihnya secara sempurna agar tidak amis.
Oleskan kuning telur pada rambut dan kulit kepala
Pijat kulit kepala selama 10 hingga 15 menit
Cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo, agar tidak meninggalkan aroma amis pada rambut.
Lakukan cara tersebut 3-4 kali dalam seminggu.

5. Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat dipakai untuk menghilangkan ketombe. Ketombe dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkan ketombe agar rambut lebih cepat tumbuh, Anda dapat mengusapkan minyak kelapa pada kulit kepala hingga rambut. Pastikan seluruh akar rambut terkena minyak kelapa. Jika proses ini dilakukan setiap hari, maka dalam waktu 15 hari, ketombe akan hilang dan akar rambut yang kuat. Dengan perawatan yang teratur rambut anda akan cepat tumbuh.

6. Dengan Biji Kemiri

Biji kemiri banyak digunakan oleh produk kecantikan rambut karena khasiatnya yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Daripada anda membeli produk yang mengandung biji kemiri dengan harga mahal, ada baiknya anda menggunakan biji kemiri secara langsung, karena selain harganya murah juga tidak mengandung bahan berbahaya. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan biji kemiri sangat mudah dilakukan yaitu :

    Siapkan biji kemiri secukupnya
    Bakar biji kemiri hingga hangus kemudian digiling.
    Oleskan cream biji kemiri tersebut pada rambut anda.
    Lakukan pada malam hari saat tidur, jangan lupa untuk membungkus kepala agar bantal tidak kotor.
    Cucilah rambut anda menggunakan shampo keesokan harinya.


Lakukan cara ini 3 kali seminggu, dijamin rambut anda akan tumbuh sehat, serta warnanya hitam mengkilat alami.

7. Dengan Kulit Apel 
 

Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna. Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan kulit apel yaitu :

    Haluskan kulit apel
    Oleskan pada rambut anda
    Diamkan selama 15 – 20 menit
    Bilas hingga bersih.


8. Dengan Teh Hijau


Teh hijau terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga berkhasiat untuk menumbuhkan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan teh hijau adalah :

    Seduh teh hijau
    Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
    Bungkus rambut menggunakan handuk
    Tunggu hingga 20 menit
    Bilas sampai bersih.

9. Dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun, banyak memiliki manfaat didunia kecantikan. Selain untuk memutihkan wajah secara alami, minyak zaitun juga dapat dipakai untuk menyehatkan serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan minyak zaitun adalah :

    Siapkan minyak zaitun
    Teteskan 4- 5 tetes minyak zaitun setelah keramas
    Pijatlah kulit kepala


Sebaiknya, lakukan pada malam hari agar kandungan minyak zaitun terserap pada kulit kepala. Pada pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.



Itulah beberapa cara untuk merawat rambut rontok dengan bahan alami

0 comments: